Senin, 14 Desember 2009

Google Wave

Sejalan dengan membooming-nya sarana komunikasi real-time seperti facebook, akhir 2009 Google muncul dengan layanan terbaru yaitu Google Wave. Google Wave merupakan sebuah produk Google yang membantu pengguna untuk berkomunikasi dan berkolaborasi di web. Google Wave ini dapat menjadi sarana percakapan sekaligus dokumentasi sehingga mampu berdiskusi dan bekerja sama menggunakan format teks, photo, video, dan banyak lagi.  





Google Wave dilengkapi dengan fitur Google Wave API. Yaitu yang memungkinkan developer untuk menggunakan dan meningkatkan Google Wave melalui dua tipe utama development. Yaitu :

  • Ekstensi: Membangun ekstensi robot untuk mengotomatisasi tugas umum atau membangun ekstensi gadget untuk memberikan cara baru bagi pengguna untuk berinteraksi


  • Embed: Jadikan situs lebih kolaboratif 



Google Wave API tersebut memungkinkan Google Wave tersebut untuk dapat ditanamkan pada layanan Web lainnya.


Google Wave ini diramalkan akan menyaingi popularitas dari Facebook. Namun sayangnya Google Wave ini belum diluncurkan dalam versi Beta dan masih terbatas pada undangan dari pihak Google ataupun dari teman yang telah memiliki akun Google Wave tersebut. So… kita tunggu saja peluncuranya.





1 komentar: