Selasa, 29 Desember 2009

Editable Spline, Extrude, dan Penggandaan Objek


Pada pembuatan objek sederhana dengan Editable Spline, terdapat beberapa penggunaan modifier Spline, Modifier Extrude dan penggandaan objek. Untuk menambah pemahaman mengenai ketiga bentuk modifier tersebut, berikut akan dipaparkan mengenai ketiga bentuk modifikasi tersebut.

  1. Editable Spline

Ketika Editable Spline aktif  dan bukan pada sub objeknya (vertex, segment, dan spline) maka akan dapat dimamfaatan beberapa tombol rollout sebagai berikut :

  • Create Line, digunakan untuk membuat garis baru. Garis tersebut merupakan bagian dari objek editable spline. Langkah untuk membuatnya sama seperti ketika membuat suatu objek Line. 
  • Attach digunakan untuk menyatukan dua objek Shapes atau lebih menjadi satu objek yaitu Editable Spline. Caranya adalah dengan mengklik tombol Attach kemudian klik objek Shapes yang akan disatukan, dan untuk mengakhirinya dengan klik kanan. 
  • Attach Mult digunakan untuk menyatukan dua objek Shape atau lebih berdasarkan nama objek yang terletak pada kotak dialog Attach Multiple. 
  • Cross Section digunakan untuk menghubungkan dua Spline dalam objek editable Spline


          Memilih Vertex

          Vertex merupakan titik yang menentukan posisi objek,yang memiliki koordiant X, Y, dan Z. untuk mengaktifkan pilihan vertex tersebut dapat melalui rollout Selection atau melalui sub Modifier Editable Spline.

          Memilih Segment

          Segment adalah garis yang terhubung antar dua titik. Seperti halnya Vertex, rollout segment dapat diaktifkan melaui rollout Selection ataupun sub Modifier Editable Spline.

          Memilih Spline

          Spline merupakan gabungan antara Vertex dan Segment yang menjadi suatu kesatuan. Untuk mengaktifkannya sama seperti halnya Vertex dan Segment.

          Pada pembuatan objek kunci juga digunakan salah satu tombol pada rollout Geometry yaitu Boolean. Boolean digunakan untuk mengkombinsiakan dua Spline tertutup menjadi Spline tunggal. Terdapat tiga macam operasi yaitu, Union, Subtraction, dan intersection yang berfungsi untuk menggabungkan, memotong, dan membuat irisan.

          1. Modifier Extrude

          Extrude digunakan untuk memberi ketebalan pada objek Shapes dengan arah tegak lurus objek yang dipilih. Pengaturan nilai ketebalan ditentukan melalui nilai Amount pada rollout Parameters.

          Sebelum menggunakan modifier Extrude



          Mengubah nilai amount pada rollout Parameter menjadi 3



          Setelah nilai amout diubah maka ketebalan objek 2 dimensi tersebut menjadi bertambah



          1. Menggandakan Objek

          Terdapat beberapa cara untuk menggandakanbeberapa objek diantaranya dengan mentransformasikan objek tersebut. Terdapat beberapa hal yang perlu diketahui  dalam menggandakan objek. 

            • Copy merupakan perintah penggandaan objek dimana objek hasil penggandaan tersebut merupakan objek mandiri.
               
            • Instance adalah perintah menggandakan objek dimana antara objek asli dan hasil penggandaan saling terkait.


              • Reference adalah perintah penggandaan objek yang memelihara objek asli. Objek asli mempengaruhi objek hasil penggandaannya.



                       Untuk melakukan penggandaan tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara :

                -  Select objek yang dikendaki, kemudian tekan tombol ctrl + v

                -  Aktifkan panel Select and Move kemudian pilih objek yang akan digandakan. Tekan dan tahan tombol shift dan kemudian geser objek tersebut.

                -  Pilih Menu Edit pada Menu Bar dan pilih submenu Clone

                    Sekian mengenai pembahasan penggunaan modifikasi yang digunakan dalam pemodelan kunci. Semoga bisa menambah pemahaman mengenai pembuatan kunci tersebut


                    Tidak ada komentar:

                    Posting Komentar