Sabtu, 26 September 2009

Mac OS X Leopard

Mac OS X 

Sistem operasi Mac OS X merupakan system operasi yang paling maju di dunia. Di bangun diatas fondasi UNIX dan didesain untuk menghasilkan suatu Sistem Operasi yang sederhana dan intuitif, yang mengakibatkan Mac inovatif, sangat aman, kompatibel dan mudah untuk dipergunakan.

Mac OS X merupakan sistem operasi yang mudah digunakan dan powerful. Segala sesuatu didesain sederhana dan elegan. Sehingga ketika melakukan browsing web, memeriksa email, ataupun melakukan video chatting, dapat dilakukan dengan mudah, dengan performa, yang sederhana dan menyenangkan. Dibangun diatas fondasi rock-solid UNIX mengakibatkan MAC OS X teruji memiliki stabilitas yang tak tertandingi, tampilan grafik yang menakjubkan, dan dukungan dari industri terkemuka untuk internet standar.






Karena software pada setiap  Mac dibuat oleh perusahaan yang sama yang membuat Mac itu sendiri, sehingga menghasilkan sistem terpadu di mana segala sesuatu bekerja sama dengan sempurna. Teknologi sistem operasi hingga 64-bit, multicore processor dan GPU memberikan kinerja terbaik. Dengan built-in iSight camera bersama software iChat sehingga  video chat dapat dimulai dengan sekali klik. Dan OS berkomunikasi dengan hardware baterai yang berfungsi mengatur aktifitas baterai sehingga berputar ke hard drive ketika tidak aktif, secara cerdas memutuskan diantara CPU atau GPU yang akan melaksanakan tugas secara lebih baik, dan secara otomatis meredupkan layar dalam kondisi cahaya rendah.

Fitur yang paling mencolok dari Mac adalah interface user yang elegan, yang terjadi akibat graphics technologies yang dibangun untuk memanfaatkan graphics processor pada Mac. Teknologi ini memberikan ini menyediakan kekuatan pada multiway chatting, real-time reflections, dan smooth animations.  Tampilan Font di layar tampak cantik dan mudah dibaca. Preview untuk  mengetahui jenis file yang dipergunakan dengan Quick Look. Built-in mendukung untuk format PDF yang berarti setiap file dengan format PDF dapat dilihat dan dibuat dari hampir seluruh aplikasi yang terdapat dalam system.


Mac OS X bersifat free virus. Mac OS X melindungi diri dari aplikasi berbahaya lainnya. Koneksi internet yang dibangun menawarkan berbagai kecanggihan teknologi yang membantu untuk tetap aman dari ancaman online. Konfigurasi yang aman, sehingga tidak perlu khawatir tentang pemahaman pengaturan yang  kompleks. Bahkan, tidak akan memperlambat kinerja dengan peringatan keamanan dan sweeps. Dan Apple merespon ancaman online dengan cepat dan secara otomatis memberikan update keamanan secara langsung ke Mac Anda.


Fleksibilitas dan kekuatan Mac OS X membuatnya cocok di hampir semua lingkungan, termasuk pada jaringan Windows. Bekerja pada hampir semua kamera digital, printer, dan perangkat lainnya tanpa perlu men-download secara terpisah  manual driver . Dapat membuka file JPG, MP3, dan dokumen Microsoft Word, Excel, serta PowerPoint. System operasi Windows juga dapat berjalan pada Mac OS X.

Mac OS X muncul sebagai standar untuk berbagai teknologi bantu untuk para penyandang cacat.  Menawarkan berbagai fitur seperti, built-in Voiceover yang merupakan teknologi pembaca layer, memungkinkan bagi mereka yang buta atau memiliki visi yang rendah untuk mengendalikan komputer dengan menggunakan perintah atau gerakan tombol pada trackpad Multi-Touch. Mac OS X juga menawarkan dukungan untuk lebih dari 40 Braile display, termasuk menampilkan Bluetooth, dan banyak fitur-fitur aksesibilitas lainnya, seperti dynamic full-screen magnification, playback of closed captions, dan scalable screen.

Mac OS X memiliki dukungan Java yang baik untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan sambil menikmati berbagai kemudahan pilihan hiburan yang ditawarkan. Faktor lain yang menarik adalah tingkat serasi pasang yang baik antara Mac OS X dengan perangkat lain seperti Blackberry.

Macintosh sendiri adalah nama dari komputer yang diproduksi oleh Apple Inc. Tidak seperti perangkat lunak Microsoft Windows yang dijual bebas dan dapat diinstalasikan di hampir semua merek komputer, Mac OS hanya dapat diinstalasikan secara legal ke komputer Apple Macintosh. Bila Anda membeli sebuah komputer Apple sekarang, Anda secara otomatis akan mendapatkan Mac OS X Leopard beserta beberapa aplikasi bawaan, seperti iLife 08, dan lain-lain.


Apple melangkah dengan cepat dan pasti, diawali dari Mac OS 10.0 (Cheetah, Maret 2001), Mac OS 10.1 (Puma, Oktober 2002), Mac OS 10.2 (Jaguar, Agustus 2002) dan Mac OS 10.3 (Panther, Oktober 2003) membantu Apple menciptakan brand-image OS yang stabil, mudah digunakan dan andal bagi penggunanya. Apple menyatakan Panther memiliki 150 fitur baru dibandingkan dengan Jaguar. Selang dua tahun (April 2005) Apple menyatakan Mac OS 10.4 (Tiger) memiliki 200 fitur baru dibandingkan dengan Panther. Apple menyetarakan Tiger dengan Windows Vista, dan Mac OS berikutnya 10.5 (Leopard) sebagai Windows Vista versi 2.yang diluncurkan pada bulan Oktober 2007.



Mac OS X versi 10.5 "Leopard" 



Mac OS X versi 10.5 "Leopard" merupakan versi keenam dari Mac OS X,  yang merupakan Apple's desktop dan server sistem operasi untuk komputer Macintosh. Leopard dirilis tanggal 26 Oktober 2007 yang merupakan kelanjutan dari Mac OS X v10.4 "Tiger", dan tersedia dalam dua versi: pertama yaitu versi dekstop untuk komputer pribadi, dan versi server, yaitu  Mac OS X Server. Leopard digantikan oleh Mac OS X v10.6 "Snow Leopard". Leopard adalah versi terakhir dari Mac OS X yang mendukung arsitektur PowerPC . Dengan rilis Snow Leopard, Leopard akan dipertahankan dengan update keamanan sampai versi Mac OS X berikutnya.

Mac OS adalah sistem operasi pertama di dunia yang berbasiskan kepada GUI. Pada era penciptaannya, Steve Jobs bahkan mengadu tim Apple Macintosh dan tim Apple Lisa. Dari Mac OS 9 ke Mac OS 10 (X) adalah sebuah revolusi bagi Apple dan industri komputer pada umumnya. Untuk pertama kalinya, lahir Mac OS yang berdasarkan UNIX. Pada saat itu, dan sampai sekarang, UNIX adalah OS yang sangat stabil yang dapat digunakan untuk Server.

Menurut Apple, Leopard berisi lebih dari 300 fitur tambahan dari pendahulunya, Mac OS X v10.4 "Tiger",  yang melengkapi core dari system operasi serta aplikasi dan developer tools. Leopard memperkenalkan revisi desktop secara signifikan, dengan mendesain ulang Dock , Stacks , menu bar yang semi transparan, dan updated Finder yang menggabungkan  Cover Flow interface navigasi visual yang pertama kali ditemukan pada iTunes. Fitur penting lainnya adalah dukungan aplikasi 64-bit graphical user interface, utilitas backup otomatis yang disebut Time Machine, dukungan untuk Spotlight yang dapat mencari pada multiply mesin, dan masuknya Front Row dan Foto Booth, yang sebelumnya hanya disertakan pada beberapa model Mac .


Perilisan Mac OS X Leopard pertama kali dibahas pada bulan Juni 2005, Steve Jobs (Apple’s CEO)  telah menyatakan bahwa Apple berniat untuk merilis Leopard pada akhir 2006 atau awal tahun 2007. Setahun kemudian, hal ini telah diubah untuk musim semi 2007. Namun pada tanggal 12 April 2007, Apple mengeluarkan pernyataan bahwa rilis akan ditunda sampai Oktober 2007 karena adanya development dari iPhone.

Spesifikasi sistem

Berikut adalah dasar spesifikasi standar untuk system Leopard.  Walaupun untuk beberapa aplikasi spesifik (seperti iChat backdrops) membutukkan processor intel:
  • Harus berupa prosesor Intel, PowerPC G5 atau G4 (867 MHz dan lebih cepat)
  • DVD drive (untuk instalasi dari sistem operasi)
  • Setidaknya 512 MB RAM (tambahan RAM (1 GB) disarankan untuk tujuan development)
  • Sekurang-kurangnya 9 GB disk space yang tersedia. 

Versi Leopard tidak dirilis dalam versi terpisah untuk setiap jenis prosesor, melainkan terdiri dari suatu rilis universal yang dapat berjalan di kedua prosesor PowerPC dan Intel.


Fitur-fitur  Baru

Fitur-fitur  Baru End-user 

  • Automator,  mempermudah untuk memulai suatu workflow. Dapat dengan cepat membuat atau mengedit workflows dengan abnterface yaang baru. Dapat menggunakan aksi yang baru yang disebut "Watch Me Do" yang memungkinkan untuk merekam aksi pengguna (seperti menekan tombol atau mengendalikan aplikasi tanpa built-in Pengotomasi dukungan) dan replay sebagai tindakan dalam sebuah workflow. Serta pengotomasian RSS feed, video kamera iSight snapshot, PDF manipulasi, dan banyak lagi.
  • Back to My Mac, suatu fitur untuk MobileMe yang memungkinkan pengguna untuk mengakses file pada komputer rumah mereka saat jauh dari rumah melalui internet.
  • Boot Camp, merupakan software assistant yang memungkinkan untuk instalasi sistem operasi lain, seperti Windows XP (SP2 atau yang lebih baru) atau Windows Vista, pada partisi terpisah (terpisah atau internal drive) pada Mac berbasis Intel.
  • Dashboard tambahan, termasuk Klip Web, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengubah bagian dari setiap halaman Web yang ditampilkan dalam Safari ke dalam widget Dashboard, dan Dashcode untuk membantu pengembang kode widget. 
  • Dictionary, yang dapat digunakan untuk wikipedia dan juga merupakan kamus dari terminology Apple. Dictionary tersebut juga memiliki kamus bahasa jepang Daijisen, yang semuanya disediakan oleh Jepang penerbit Shogakukan.
  • Front Row yang telah dibuat ulang sehingga memiliki interface original dari Apple TV.
  • Mail merupakan perangkat tambahan termasuk tambahan dari RSS feed, Stationery, Notes, dan to-dos.
  • Network file sharing mencakup perbaikan mengendalikan perizinan, konsolidasi dari AFP, FTP dan SMB sharing ke dalam satu control panel, dan kemampuan untuk berbagi folder pribadi, sebuah fitur yang belum tersedia sejak Mac OS 9.
  • Parental controls mencakup kemampuan untuk menempatkan pembatasan pada penggunaan Internet dan untuk mengatur kontrol orangtua dari mana saja penggunaan remote setup.
  • Photo Booth, termasuk rekaman video secara real-time dengan filter dan blue/green-screen technology.
  • Podcast Capture, sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk merekam dan mendistribusikan podcast. hal ini membutuhkan akses ke komputer yang menjalankan Mac OS X Server dengan Podcast Producer.
  • Preview menambahkan dukungan untuk penjelasan, grafik, ekstraksi, pencaria, markup, Instan Alpha .
  • Quick Look , merupakan framework yang memungkinkan dokumen untuk dilihat tanpa membuka dalam aplikasi eksternal dan dapat melihat preview dalam full screen.


  • Safari , mencakup Klip Web.
  • Spotlight menggabungkan kemampuan pencarian tambahan seperti operator Boolean, serta kemampuan untuk mencari komputer lain (dengan izin).
  • Time Machine, sebuah utilitas backup otomatis yang memungkinkan pengguna untuk mengembalikan file yang telah dihapus atau diganti dengan versi lain dari sebuah file. Meskipun umumnya mendapat pujian pada media massa sebagai langkah maju untuk data recovery, Time Machine ini telah dikritik dalam beberapa publikasi untuk kekurangan kemampuan software cadangan pada pihak ketiga.
  • Universal Access , meningkatnya dukungan untuk Braile, closed captionin dan kualitas baru untuk  Speech synthesis voice
  • Banyak perubahan pada user interface.
  • Dukungan untuk bahasa Rusia, sehingga total menjadi 18 bahasa.
  • Leopard menghapus dukungan untuk aplikasi Classic. Sehingga Classic tidak akan berjalan secara native di Mac berbasis Intel dalam hal apapun. 



Developer technologies 

  • Dukungan native dari berbagai library dan framework untuk aplikasi 64-bit, memungkinkan aplikasi 64-bit Cocoa. Menjalankan aplikasi 32-bit menggunakan library dan framework tersebut dengan tanpa menggunakan emulasi (emulation) ataupun penerjemah (translation).
  • Leopard menawarkan runtime Objective-C yang memiliki fitur-fitur baru seperti garbage collection. Xcode 3.0 mendukung update bahasa yang ditulis ulang oleh aplikasi tersebut.
  • Core animation, sebuah framework baru yang memungkinkan developer untuk menciptakan animasi kompleks yang hanya memiliki spesifikasi space ‘start’ dan ‘goal’. Goal utama dari Core Animation adalah memungkinkan penciptaan animasi yang kompleks dengan sedikit kode program.
  • Apple mengintegrasikan Dtrace dari proyek OpenSolaris dan menambahkan interface baru yang disebut dengan instrument ( sebelumnya Xray). Dtrace menyediakan tool yang dapat digunakan oleh user, administrator, serta developer untuk menyempurnakan performa dari system Operasi yang berjalan diatasnya.
  • Scripting Brige yang baru, yang memungkinkan programmer untuk dapat menggunakan interface Python dan Ruby dengan menggunakan framework Cocoa.
  • Ruby dan Rail terdapat dalam instalasi secara default.
  • OpenGL leopard diperbaharui ke versi 2.1 dan menggunakan LLVM untuk meningkatkan kecepatan pemprosesan.
  • Framework FSEvents memungkinkan aplikasi untuk dapat melakukan registrasi untuk notifikasi perubahan yang diberikan pada pohon direktori.
  • Leopard mengandung implementasi read-only dari file system ZFS.
  • Leopard mengandung sriver untuk UDF 2.5 yang diperukan untuk membaca HD DVD dan Blue-ray dengan menggunakan third-party-drive, tetapi software DVD Player tersebut hanya data memainkan disk HD DVD yang diautorisasi oleh DVD Studio Pro.
  • Leopard mengandung implementasi framework latent semantic mappinguntuk mengklasifikasikan data.
  • Leopard merupakan system operasi pertama dengan open source kode BSD yang  disertifkasi sepenuhnya sebagai UNIX compliant. Sertifikasi tersebut berarti bahwa software dibawah Single UNIX Specification dapat dikompilasi dan dijalankan pada Leopard tanpa memerlukan modifikasi kode lainnya. Spesifikasi tersebut hanya terdapat pada Leopard yang berjalan pada processor intel.


Security enchancements


Library Randomization

Leopard mengimplementasikan Library Randomization yang mengacak lokasi dari beberapa library dalam memory.

Application Layer Firewall

Leopard memiliki dua mesin firewall : the Original BSD IPFW, yang telah dihadirkan pada perilisan versi Mac OS sebelumnya, dan Application Layer Firewall yang baru. Tidak seperti IPFW, yang melakukan penyadapan dan filter pada datagram IP sebelum kernel melakukan performa proses secara signifikan. Application Layer Firewall mengoperasikan pada layer socket, terikat pada proses individual. Application Layer Firewall dapat melakukan keputusan filter dalam suatu per-aplikasi dasar. Dari kedua mesian firewall tersebut., hanya Application Layer Firewall yang dibahas secara penuh pada interface Leopard.

Sandboxes

Leopard mencangkup dukungan pada level kernel untuk role-based access control (RBAC) yang berfungsi sebagai media pencegahan.
Application signing
Leopard menyediakan framework untuk menggunakan public key signatures untuk verifikasi code signing.

Secure Guest Account

Tamu dapat diberi akses pada system Leopard dengan akun dimana system tersebut menghapus dan melakukan reset ketika logout.


Version history

  • Versi 10.5.0, build 9A581,  dirilis pada tanggal 26 Oktober 2007
  • Versi 10.5.1, build 9B18, dirilis pada tanggal 15 November 2007
  • Versi 10.5.2, build 9C31, dirilis pada tanggal 11 Februari 2008
  • Versi 10.5.3, build 9D34, dirilis pada tanggal 28 Mei 2008
  • Versi 10.5.4, build 9E17, dirilis pada tanggal 30 Juni 2008
  • Versi 10.5.5, build 9F33, dirilis pada tanggal 15 September 2008 
  • Versi 10.5.6, build 9G55, dirilis pada tanggal 15 Desember 2008
  • Versi 10.5.6, build 9G66, dirilis pada tanggal 6 Januari 2009
  • Versi 10.5.7, build 9J61, dirilis pada tanggal 12 Mei 2009
  • Versi 10.5.8, build 9L31a, dirilis pada tanggal 15 Agustus 2009
 


Supported Machine

Leopard dapat berjalan di flat panel iMac G4, G5 iMac pertama, iMac G5 kedua (dengan sensor cahaya ambient), iMac G5 ketiga (dengan ISight), iMac Intel Core Duo, iMac Intel Core 2 Duo, PowerBook G4, Power Mac G4, Power Mac G5, iBook G4, MacBook, MacBook Pro, MacBook Air, Mac Pro, Mac Mini, Xserve, Xserve G5, Xserve RAID, Macintosh G4 Server, dan model eMac. Leopard dapat berjalan di hardware yang lebih terdahulu selama mereka memiliki upgrade G4 yang diinstal berjalan pada 867mhz atau lebih cepat, memiliki sekurang-kurangnya 9 gb free hard drive space, 512 MB RAM dan memiliki DVD drive. Namun Leopard tidak akan berjalan pada 900MHz model  iBook G3 walaupun melampaui persyaratan minimal 867Mhz. Hal ini disebabkan oleh kurangnya AltiVec dalam prosesor G3 dan fakta bahwa kebanyakan pra G4 dan awal sistem G4 tidak mempunyai hardware video yang mampu mendukung Core Image.  Leopard mungkin dapat di "hacked", untuk diinstal pada mesin G3 dan pre 867mhz G4 tetapi sistem akan berprilaku tak beraturan, dan program, fitur dan fungsi mungkin akan bekerja tidak sesuai.







Referensi

http://www.biskom.web.id/2008/06/16/panduan-menggunakan-mac-os-x-leopard-dan-trik-trik-lainnya.bwi
http://www.apple.com/macosx/what-is-macosx/
http://id.wikipedia.org/wiki/Mac_OS_X
http://en.wikipedia.org/wiki/Mac_os_x_v10.5
http://farm1.static.flickr.com/125/407958346_efddd640b7.jpg
http://en.wikipedia.org/wiki/Safari_(web_browser)



4 komentar:

  1. specnya berat pake osx :(

    mampir ke blog gw ya, hehehe
    http://www.ilmiaji.com

    BalasHapus
  2. ok.... kamu dah mencoba mac os ini? berikan pendapat pribadimu... sehingga bisa terus update...

    dan update terus postingan lainnya, masa hanya k tugas sih... he... he... di tunggu ya....

    BalasHapus
  3. wow... perasaan barusan dah kasih komen d.... tp kok gak keluar ya.... tpaksa ulang lg nih....

    apakah kamu sudah coba sendiri mac os ini? sehingga kamu bisa update terus dengan menambahkan komentar pribadimu thadap mac os ini...

    dan posting terus ya.... jangan hanya k tugas.... :) di tunggu

    BalasHapus
  4. untuk mencoba Mac OS itu sendiri belum pernah... masih sebatas membata artikelnya saja...
    versi yang terbaru dari Mac OS itu sendiri Mac OS Snow leopard yang diliris pada 28 Agustus 2009

    BalasHapus