Senin, 28 Desember 2009

Modeling dengan Editable Spline

Untuk membuat suatu model 3 dimensi, dapat dilakukan melalui beberapa cara. Hal tersebut tergantung dari model apa yang akan kita buat dan cara metode apa yang kita pakai. Misalnya dalam pembuatan suatu karakter buah apel bisa dilakukan melalui dua cara. Yang pertama yaitu melalui objek geometri yaitu Sphere dan kemudian diberikan efek Taper pada sub menu Parametric Deformer di Modifier Menu. Ataupun dengan cara kedua yaitu dimulai dari objek 2 dimensi yaitu Line yang kemudian diberi efek Lathe pada Modifier Menu. Dan langkah selanjutnya untuk kedua cara diatas adalah melakukan Editable mesh hingga sampai pada bentuk yang diinginkan.


Adapun dibawah ini adalah suatu contoh modeling pembuatan suatu objek kunci dengan menggunakan objek Shapes dan Editable Spline.

1. Langkah pertama membuka aplikasi 3D max



2. Selanjutnya adalah mengklik panel Create kemudian pilih Shapes pada Object Categories dan pilih Donut.



3. untuk menampilkan pada viewport maka arahkan pointer pada salah satu viewport dan kemudian klik dan geser sehingga membentuk objek donat.

4. selanjutnya atur nilai Radius 1 dan Radius 2 yang terdapat pada rollout parameter menjadi masing-masing 36.738 dan 16.399



5. kemudian dilanjutkan dengan untuk membentuk objek yaitu pilih Shapes pada Object Categories dan pilih Rectangle dan kemudian klik dan geser pada salah satu Viewport untuk menampilkan objek.
6. Atur kembali nilai Length dan Width yang terdapat pada rollout Parameter sebagai berikut :



7. atur tata letak dari kedua objek tersebut seperti tampilan berikut:



8. Untuk membuat objek bagian atas kunci, kita kembali membentuk rectangle. Cara pembuatanya sama seperti pembuatan objek 2 dimensi yang lain dan dilanjutkan mengatur propertiesnya.



9. setelah membuat objek rectangle kemudian kita Copy sebanyak 2. kemudian atur tata letaknya sehingga tampak pada gambar berikut :






10. pilih seluruh objek yang dibuat sebelumnya kemudian klik kanan dan pilih Editable Spline.



11. kemudian kita pilih objek donat terlebih dahulu. Kemudian aktifkan sub modifier Spline dan pada rollout Geometry aktifkan tab Attach.



12. lakukan hal yang sama untuk pengaktifan tab Attach pada keempat objek yang lainnya.




 


13. pilih donut kembali dan pilih tab Boolean dan dilanjutkan dengan mengklik spline rectangle sehingga tampilan Spline tersebut sebagai berikut :



14. lakukan hal yang sama untuk spline yang lainnya sehingga di dapatkan tampilan berikut:


 



15. untuk memberi efek lantai sebagai alas maka tambahkan objek plane di bawah objek Spline tadai. Caranya pilih panel Create kemudian pilih Geometry dan pilih tab plane.


16. kemudian atur properties pada Parameter seperti yang tampak pada gambar berikut :


17. maka tampilan pada Perspetive Viewport sebagai berikut




18. untuk menambah ketebalan objek Spline dan memberi kesan tiga dimensi maka lakukan langkah memilih objek Spline dan pilih Extrude Modifier dan atur pilihan yang terdapat dalam Parameter sebagai berikut :



19. Langkah terakhir adalah mengatur material dari objek Plane dan Spline tersebut melalui jendela material. Caranya yaitu aktifkan jendela material dengan menekan tombol M pada keyboard maka jendela material tersebut akan terbuka. Atur kedua objek tersebut sebagai berikut :



 


Dan tampilan akhir dari seluruh objek tersebut setelah render adalah sebagai berikut:




http://adobeperson.com/3ds-max/ 3dsmax-studio-spline-modeling-tutorial.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar